PELUNASAN HUTANG

Contoh Kesepakatan Pelunasan dan Penjaminan Hutang


Kesepakatan Pelunasan dan Penjaminan Hutang

Pada hari ini, _______ tanggal __ _______ 2011, kami yang bertanda tangan di bawah ini:
__________ (Nama), _______ (pekerjaan), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor: ____________, beralamat di ___________________ (Pihak Pertama).
Dan
__________ (nama), ________ (pekerjaan), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor: ____________, beralamat di  __________________________ (Pihak Kedua).
Dengan ini sepakat:
    1. Bahwa, berdasarkan perjanjian Nomor: __________ antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua yang dibuat dan ditandatangani oleh dan diantara Para Pihak pada tanggal _______ tantang _______________, maka Pihak Kedua masih memiliki kewajiban kepada Pihak Pertama berupa pembayaran ___________ sebesar Rp. _______ (______ rupiah);
    2. Bahwa, karena Pihak Kedua belum dapat melunasi kewajibannya tersebut kepada Pihak Pertama, maka Pihak Kedua meminta keringanan pembayaran _______ tersebut kepada Pihak Pertama berupa pengunduran waktu pelunasan pembayaran tersebut untuk selama jangka waktu _________ (_______) hari sejak tanggal ditandatanganinya Kesepakatan ini, atau jatuh tempo pada tanggal ___________.
    3. Bahwa, untuk menjamin pelunasan hutang Pihak Kedua kepada Pihak Pertama tersebut, maka Pihak Kedua dengan ini menyerahkan kendaraan roda empat merek________ Jenis ________ Nomor BPKB ____ dan nomor  STNK ______ atas nama Pihak Kedua beserta BPKB dan STNK kendaraan tersebut kepada Pihak Pertama sebagai jaminan pelunasan hutang dengan ketentuan apabila  Pihak Kedua tidak dapat melunasi kewajibannya tersebut sampai dengan tanggal sebagaimana dimaksud butir 2 diatas, maka kendaraan roda empat tersebut akan menjadi milik Pihak Pertama, dan untuk selanjutnya Pihak Kedua tidak lagi berhak atas kendaraan roda empat tersebut.
Demikian Kesepakatan ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Para Pihak,
Pihak Pertama                                                 Pihak Kedua,
____________                                                ___________